Breaking

Sunday, July 21, 2013

Cara Pasang Umpan Hidup

Pada saat mancing tengiri kita sebaiknya menggunakan umpan hidup yang masih segar dan lincah. Ikan yg digunakan akan lebih baik dari jenis tembang. Dalam memasang umpan hidup ada beberapa hal yg perlu kita perhatikan.




Pada gambar di atas tampak cara menancapkan mata kail pada ikan tembang. Terlihat mata kail di tancapkan bukan pada bandan ikan, cara ini cukup efektif untuk menjaga agar ikan tembang tetap segar dan lincah.

Penggunaan umpan hidup ini bisa dilakukan untuk mancing dengan sistem koncer hanyut ataupun koncer dasaran. Pada saat mancing konceran dasar untuk ikan tengiri, perlu diperhatikan bahwa ikan tengiri tidak berada pada dasar laut. jarak timah pemberat dengan simpul kail + 1m. Jika belum ada sambutan, cobalah angkat +70 cm atau 1m.


Alternatif lain jika tembang yg ada ternyata sudah mati adalah dengan menggunakan sistem mata pancing grandong.

Untuk bisa mendapatkan ikan tembang yg segar dan lincah, lebih baik pada pagi hari diperbanyak ngotrek tembang. Dan mohon kesadaran para angler yg lain untuk ikut ngotrek tembang, minimal 4 angler ikut ngotrek tembang. Jangan mengandalkan hasil kotrekan dari abk.

Perlu di ingat, ngotrek itu cukup mengasyikan bahkan terkadang ada bonus yg tak terduga. Terkadang kita mendapat sambaran dari ikan kembung, bahkan tengiri.




Jika anda ingin tau cara bikin kotrekan ikan tembang, silahkan baca di sini (nanti ya...)

4 comments:

  1. Akhirnya, dapat juga caranya... Biasa dapat ikan kecil, dibuang sayang, g dibuang mau diapain. Thank you mas berow...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 pak Rahmat, kalo tembangnya sdh mati masih bisa digunakan jg selain pake gerandong, yaitu potong2 bagian ikan tembang dan cantolkan dikail untuk mancing dasaran. Lumayan buat cari kerapu yg ukurannya cukup besar.

      Delete
  2. Nah sekarang minta gambar cara masang umpan menggunakan kail grandong

    ReplyDelete