Breaking

Sunday, July 14, 2013

Sensasi Strike Kuwe, Krapu, Kuro, Jenaha dan juga samge bikin trip jadi along

Sambil kerja... bisa sambil ngintipin thread di forum2 mancing, kalau sudah hari kamis... nungguin temen2 yg ngajak ngetrip. Tapi awal romadhan ini agak berbeda karena ternyata temen2 banyak yg tidak bisa. Mulai dech cari2 siapa2 yg open trip di forum2, bujek dah.... kagak ada jg yg open trip.
Akhirnya Om Ferry aka Gajrut Selatan ngajakin ngetrip ke Peltu, sayangnya mancing di peltu gak ada temen dr Jakarta krn temen2 pada takut sm gelombang di peltu yg goyang dombretnya melebihi goyang kerawang.

Gak tau kenapa... filling mengatakan sy tuk tenang... besok pasti mancing. Eh bener... si Pie aka Andik aka Bagong nelpon. Dia ngajak ngetrip lewat marunda, tempat beliau mencari inspirasi. Hehehe... mengingat kemarin hasil trip bareng beliau tdk mengecewakan, maka ajakan langsung sy sambut.

Tanggal : 13 Juli 2013

Spot : Spot team
Kondisi Angin : Flat
Kondisi Arus : J1 sore J3
Cuaca : cerah tanpa angin, siang agak gerimis, sore (pulang) hujan sedang.

Ikan yg di dapat : Kue, Kerapu, Jenaha, Kuro, Samge, Cumi 1 ekor, Buntal babon 1 ekor.
Ukuran yg terbesar : Kerapu Berat : 1 kg isi 2
Teknik Memancing : Dasaran/jeblug
Umpan yg digunakan : Udang Hidup, Udang.

Kuro Bakar.... sayang ane gak bisa ikut.

Pagi hari setelah Subuh sy brangkat lewat depan bioskop Buaran sampai di Marunda sy agak terlambat karena terkena macet di pertigaan Tj. Periok - Marunda. Setibanya di perahu.... temen2 sudah pada siap, maka kita langsung brangkat menuju Muara Gembong untuk beli udang hidup. Setelah beli udang, maka kami langsung menuju  spot pertama yg ditempuh selama + 20 menit.
Laut dipagi hari ini sangat flat, benar2 tidak ada gelombang, begitu tenang dan nyaman. Menikmati perjalanan sambil menyuskuri nik'mat yg Allah SWT berikan.

Laut begitu flat tanpa ombak
Di spot-1 strike pertama dimulai dari Bagong aka Pie, setelah beberapa detik maka seekor ikan kue berhasil landed. Sy dan temen2 menjadi semakin semangat tuk segera menurunkan piranti masing2. Saya, Ari dan Jack gak mau ketinggalan strike, dia mulai ikut menaikkan Kue dan beberapa Jenaha. Arie gak mau kalah.... dia juga strike tapi dari jenis ikan yg berbeda. Hahaha ternyata Samge berukuran besar yang sensasinya memang lumayan dan beberapa kali Ari berhasil strike samge. dan saya juga kebagian strike kue dan beberapa jenaha di spot-1. Gak sampai disitu.... Kapt Jumadi dan ABK Udin juga mendapatkan kue. Setelah tarikan mulai mengendur, temen2 segera mengajak Kapt Jumadi pindah spot ke-2, walaupun Fish Finder masih berbunyi.

Om Bagong lg sibuk... gak berhenti narikin kuro

Di spot ke-2 strike gak kalah seru.... kali ini Strike dimulai dari Ari yg mendapatkan Samge berukuran besar. Hahaha.... kapt Jumadi bilang kalau hari ini Ari spesialis samge. Tapi si Bagong aka pie selalu mendapatkan Kue.... manthab euyyy. Gak mau ketinggalan.... saya juga ikut menikmati strike ikan kue dan beberapa ekor kuro yg ukurannya lebih besar dari hari sabtu kemarin. Sayangnya Om Jack agak kurang mendapatkan strike di spot ke-2 ini, makanya begitu kendur dari strike Om Jack langsung ngajak Kapten tuk cabut ke spot ke-3.

Di spot ke-3 sudah mulai ada angin dan gelombang sdh mulai mengalun. Terlihat dari kejauhan, bahwa daratan sedang di landa hujan dan sebentar lagi mungkin hujan akan sampai kepada kami. Di spot ke-3 ini pada awalnya tdk ada tarikan, tapi setelah beberapa saat tarikan kue, samge  dan kuro mulai kami rasakan silih berganti ikan2 tersebut berhasil kami strike. Setelah beberapa lama dispot ke-3 ini angin mulai kencang, ombak sudah mulai tinggi dan tarikan sudah mengendur. Lagi2 om Jack minta ke kapten Jumadi tuk bongkar celengan mereka.

Di Spot ke-4 (Spot celengan) ternyata air sangat keruh, yg menurut mereka pastinya ikan tidak banyak di spot ini. Dan benar saja, begitu tiba di spot celengan maka plontang segera diturunkan. Arus bawah sudah sangat kuat begitu juga arus diatas, walaupun gelombang tidak tinggi.
Om Jack segera melempar pancingnya tepat diatas plontang, waduhhhh pasti nyangkut di plontang nih.... benar saja, karena arus bawah dan atas sama2 kuat dan Om Jack menggulung reel secara perlahan tetep saja pelontang ikut ketarik. Strike tidak terlalu banyak di rasakan di spot celengan ini walaupun Jenaha berukuran besar berhasil diangkat oleh Bagong.
Perahu dengan mesin Dongfeng (berisik eeeuuuyyy)

Di Spot ke-5 kami mulai bersemangat lagi.... beberapa kali strike berhasil menaikkan kue dan kuro dan gak ketinggalan ikan samge berukuran besar. Dispot ini udang cepat sekali habis, kadang rusak seperti di pijat alias bonyok. Di spot ini memang lebih seru dari spot2 yg lain, karena kami sering mendapatkan 2 atau 3 mata kail kami berisi ikan. Tapi si Udin alias abk yg menggunakan handline memperhatikan benar apa yg memakan umpan. Dia bilang banyak cumi..... tetapi kami tidak terlalu memperhatikan karena sensasi strike dari kue, kuro dan samge sudah membuat kami happy. Nah Om Udin penasaran..... dia ambil sebuah capela ukuran kecil..... sukses broooo, Om Udin berhasil menaikkan seekor cumi berukuran sedang. Dan om Ari jg sempat di semprot sm cumi yg mengikuti udang saat di tarik keatas.
Tapi sayang waktu sudah menunjukkan jam 5 sore..... sebenarnya buat team ini masalah waktu sih gak masalah. Yang menjadi masalah adalah mendung yg mulai pekat. Kapt Jumadi bilang.... kalau gak pulang sekarang, nanti kalau sdh kena hujan bisa2 kita pulang nanjak nich.... gimana??? Kemungkinan kita sampai di daratan pas dengan waktunya berbuka puasa.

Benar saja di tengah perjalanan kami sdh mulai di guyur hujan walaupun belum lebat. Abk Udin dengan sigap mempersiapkan Indomie dan kopi susu yg sudah dipersiapkan untuk berbuka puasa. Alhamdulillah..... kami buka puasa saat perahu masih menuju dermaga. Tapi hujan tidak kunjung berhenti bahkan semakin lebat saja. Lama kami menunggu di prahu sambil ngobrol dan merencanakan trip berikutnya.

Jam 21.00 kami putuskan untuk pulang.... sebenarnya temen2 ngajak sy untuk menikmati ikan bakar dulu di rumah Om Ari. Sayangnya sy gak bawa jas hujan dan perjalanan masih sangat jauh.
Dalam hati sy harus mampir ke rumah boss nich. Karena hujan gak berhenti dan dingin sangat menyengat sampai2 tangan ini baal dan tidak bisa merasakan apa2. Dan sy bisa kasih oleh2 ikan segar kepada bos.

Begitu sampai di rumah bos.... eh si nyonya bilang kalo bos lg kekantor. Waduhhhhh... gimana nich kok sy sampe gak tau. hehehe kebakaran jenggot dech.... kok bisa2nya sy gak dapet pemberitahuan. Begitu di cek ternyata  HP masuk dlm modus pesawat yg artinya gak bisa terima panggilan atau sms. Telp si bos berkali2 gak diangkat, sang nyonya ikutan juga nelpon si bos dan sama juga gak diangkat2. Mungkin karena hujan dan bos naik motor kehujanan, dan beliau tidak dengar panggilan masuk.
Akhirnya telp diangkat dan bos bilang sdh dekat rumah... ok bosss sy tunggu dirumah.
Hehehe ternyata si Bos kekantor karena Big Boss kami baru pulang dari umroh bersama keluarga besarnya. Alhamdulillah sy dibawakan oleh2 dari umroh berupa Al-Qur'an, Tasbih, Air Zam-zam, Baju Koko, Kopiah dll.
Jam 22.30 wib pamit sm bosss.... karena celana terlanjur basah dan badan sudah tidak terlalu dingin, sedangkan tugas sudah menanti dirumah. Jam 23.00 tiba dirumah dan dapat sms dari om Bagong bahwa foto ikan sudah dikirim via email.

Terima kasih bos, maaf sy gak tau ada panggilan meeting karena sy berangkat setelah subuh dan HP masuk ke modus pesawat.

Terima kasih Pak Big Bosss.... Semoga Umroh berikutnya kami diajak hehehe ngarep mode on.

NB. Maaf buat semua pembaca sharing sy ini, tapi di blog ini memang tempat dokumentasi sy dan keluarga. Karenanya cerita diblog ini benar2 menceritakan apa yg sy alami saat trip dan berakhir setelah sy tiba di rumah.
Jika ada kata2 yg salah atau membuat anda tersinggung.... sungguh sy minta maaf.