Breaking

Tuesday, October 8, 2013

Cara nelayan membaca alam sebelum melaut


Angin kencang disertai gelombang.......!! Tanda di lautan yg harus di cermati adalah.. 1. Kondisi air yg teramat jernih (tembus pandang) dari jarak Kedalaman 3-5 m.. misalnya Jika para angler strike. Maka ikan yg rekan dapatkan akan tampak terlihat dari jarak Kedalaman di atas.. Jika hal itu terjadi Maka dalam jarak 1 minggu-1 bulan/awal bulan (hitungan hijriyah). Angin dan gelombang. Akan timbul secara terus menerus. Sampai 1 minggu ataw lebih...! batas Minimal pada tgl 21 di bulan hijriyah (likuran bhsa jawanya).........

Yg ke 2. Adalah kumpulan awan hitam/putih dari satu arah. Misalnya dari arah barat. Maka secara sepontan membawa angin. Sedang atau kencang. Sering pula terjadi hujan lebat atau ringan. (Termaktub didalam firman Allah swt. "Sesungguhnya kami ciptakan angin untuk menggiring awan Lalu dari awan itu kami turunkan hujan").

Yg ke 3. Waspadai angin arah tunggara..!! Badai super dahsyat. Angin super kencang. Gelombang super besar. Disertai hujan dan petir super lebat..!! Semua arah sebenarnya berpotensi badai....!! Hanya saja tidak sehebat dan sedahsyat tunggara...!! Terjadi sewaktu waktu dan amat singkat maximal 30 menit.. namun badai ini sanggup meluluh lantahkan kapal anda....!! Sementara dari arah arah yg lain. Barat utara selatan timur dsb. Badai datang secara berangsur angsur dan berlangsung lama...!!

Yg ke 4. Jika malam hari terjadi hujan lebat ataw ringan secara menyeluruh di berbagai daerah/di.sekitar daerah rekan. Lama/ singkat. Maka disinilah para angler akan merasakan nyamannya melaut di pagi harinya....!!

Yg ke 5. Timbulnya bintang kejora/kartian (bhsa jawa) di kala fajar. Biasanya di awal bulan/ba'da mulud (hijriyah). Maka InsyaAllah ikan melimpah ruah.Nelayan di berbagai pelosok negri akan kebanjiran ikan.

(Sumber Informasi: dari buku perimbon milik pakar nelayan dari zaman dahulu..yg diwariskan secara turun temurun.). Demikian semoga bermanfaat. Salam......!
Copas dari Om Zoel Baduy





.

No comments:

Post a Comment