Breaking

Sunday, December 20, 2015

Sewa Kapal Yang Benar

Jangan anda terlalu curiga dengan teman anda yang terkadang harus memotong sejumlah uang dari Kapten Kapal. Saya sendiri sudah mengalami beberapa kali hal yang tidak mengenakkan ini, karena ada diantara teman yang masih ngintip2 dan mencuri pandangan untuk mengetahui jumlah uang yang kita serahkan ke Kapten Kapal. Padahal uang yang kita potong tersebut memang uang yang sudah penulis keluarkan sebagai DP.
Pernah juga saya dimaki-maki oleh Kapten Kapal karena sewa kapal dibatalkan oleh pihak kami padahal kami belum menyerahkan DP. Hal ini sangat merugikan pihak yang menyewakan, karena seharusnya kapal bisa digunakan oleh angler lain. Umpan yang sudah dibeli tentu tidak bisa dikembalikan kepedagang, solar sudah terlanjur dibeli dll.



Setiap kapal yang akan kita sewa rata2 bukan pemilik langsung yang mendapatkan order sewa kapal. Kebanyakan order datang melalui telpon yang angler dapat dari angler yang pernah menyewa kapal tersebut. Jarang sekali angler bertemu langsung dengan kapten kapal saat menyewa kapal mancing. Tentunya disini berlaku kepercayaan antara pihak penyewa dan pihak yang menyewakan. Ada kesepakatan antara kedua pihak ini tentang waktu sewa dan syarat2 tertentu dari pihak yang menyewakan yang dalam hal ini Kapten Kapal.
Tidak semua kapten kapal atau pemilik kapal percaya sepenuhnya dengan angler yang baru mereka kenal. Biasanya pada saat terjadi kesepakatan harga, maka Kapten Kapal akan meminta sejumlah uang sebagai tanda jadi (biasa kita sebut DP).
DP ini sangat penting bagi Kapten Kapal atau Pemilik Kapal, karena ada sejumlah keperluan yang harus dibeli sebelum keberangkatan. Yang dibeli antara lain Solar atau bensin, umpan segar bahkan kadang umpan hidup (udang hidup), keperluan dikapal saat mancing seperti minuman atau bumbu untuk masak.

Jadi perlu diingat kepada semua angler, jika sudah mempercayakan sebuah trip kepada angler yang lain. Maka percayakanlah sepenuhnya, karena hati yang bersih juga akan mempengaruhi hasil strike yang maksimal. Jangan ada ganjalan saat kita mancing, jangan ada rasa curiga.
Tenang2lah mancing sambil bersyukur dan berdo'a karena masih diberi kenikmatan oleh Allah SWT.

Tulisan ini saya tulis karena ada rasa ganjalan dihati, karena saya alami sendiri.
Salam Strike

No comments:

Post a Comment